Cek Kartu BPJS Anda Aktif atau Belum?

Cek Kartu BPJS Anda Aktif atau Belum?

Hampir seluruh warga negara Indonesia ketika ini sudah memiliki kartu BPJS untuk memudahkan menerima layanan kesehatan yang diperlukan. Nah agar agar Anda bisa menggunakan kartu BPJS Anda karenanya Anda wajib bisa melaksanakan cek BPJS milik Anda apakah masih aktif atau tidak dan berapa jumlah tagihan yang dimiliki tiap bulannya. Khusus jika Anda melakukan pembayaran tagihan BPJS secara mandiri.

 

Untuk melakukan cek tagihan BPJS Anda dapat menggunakan 2 tipe metode yang gampang dan pesat. Cara yang pertama ialah dengan via SMS gateway. SMS gateway sendiri ialah layanan untuk penyediaan informasi dua arah yang dilakukan melewati pesan singkat dengan menerapkan cara informasi. Untuk memakai cara ini Anda tinggal mengetikkan SMS dengan wujud khusus yang dikirimkan ke nomor layanan BPJS secara resmi.

 


BPJS kesehatan adalah sebuah jaminan kesehatan yang dijadikan untuk mempermudah masyarakat mendapatkan layanan kesehatan layak dengan kemampuannya. BPJS ini sendiri terbagi menjadi 2 ragam BPJS mandiri dan BPJS penerima bantuan. Nah untuk BPJS mandiri tiap-tiap bulannya patut rutin membayar tagihan agar supaya kartu BPJS konsisten aktif dan bisa dipakai sewaktu-waktu. Besar tagihan layak dengan ragam kelas yang dipilih apakah kelas I, II atau III.

 

Yang paling mahal ialah kelas I dan yang paling murah adalah kelas III. Adapun sistem untuk mengetahui cek BPJS melalui SMS yaitu dengan mengetikkan format TAGIHAN spasi nomor kartu BPJS Anda. Kemudian kirimkan ke nomor 08777 5500 400. Lalu tunggu SMS balasan yang berisi hasil cek tagihan BPJS untuk kartu yang Anda miliki. Dikala ini hanya dengan memasukkan nomor BPJS milik kepala keluarga saja Anda sudah dapat membayar iuran BPJS untuk satu keluarga yang ditanggung.

 

Sistem yang kedua merupakan dengan berkunjung ke laman BPJS yang resmi. Di website tersebut akan ada form khusus yang mesti Anda isi untuk mengetahui berapa jumlah tagihan yang dimiliki dan belum terbayarkan. Anda harus memasukkan sebagian data penting, diantaranya ialah nomor kartu BPJS Anda, tanggal lahir, nama peserta, nomor peserta, status peserta, macam peserta dan jumlah member keluarga yang ditanggung. Terdapat juga keterangan data diupdate per tanggal berapa sehingga pemilik kartu BPJS bisa mengenal kapan terakhir kali iuran dibayarkan.

 

Mengetahui tagihan BPJS telah dibayarkan atau belum menjadi amat penting karena hal itu menentukan status aktif atau tidaknya kartu yang Kita miliki. https://cekbpjs.id/ banyak kasus yang terjadi saat pemilik kartu BPJS mendadak sakit dan seharusnya dirawat di rumah sakit. Setelah dicek ternyata kartu BPJS yang dimilikinya dalam kondisi tak aktif. Karenanya secara otomatis, mesti membayar tagihan yang tertunggak terutama dulu. Kemudian untuk pengaktifan menunggu sampai 14 hari lamanya. Itulah kenapa cek BPJS seharusnya dikerjakan secara terencana demi kemudahan menerima layanan kesehatan untuk Anda.