Fakta Menarik Tentang Akar Bajakah

Fakta Menarik Tentang Akar Bajakah

Sebagian waktu lalu, akar bajakah banyak diperbincangkan oleh khalayak lazim. Berkat inovasi beberapa peneliti muda berkaitan khasiat akar bajakah yang bisa diterapkan untuk mengobati kanker, banyak orang yang beratensi untuk mencoba kemanjuran dari akar bajakah. https://www.facebook.com/akarbajakahtunggal.id/ ini juga telah ada orang yang membuka usaha jual akar bajakah sehingga untuk mendapatkannya tidak sulit lagi. Tapi, taukah Anda bahwa akar bajakah ini memiliki beberapa fakta menarik? Berikut beberapa fakta menarik seputar akar bajakah.

 


Tanaman bajakah sendiri merupakan salah satu tipe tanaman yang banyak tumbuh di daerah Kalimantan Tengah. Tanaman ini cuma bisa ditemukan di tempat hutan yang rimbun dan sedikit terkena cahaya matahari. Nama bajakah sendiri berasal dari bahasa Dayak yang berarti “akar-akaran”. Walaupun mempunyai batang yang kuat, tapi tanaman ini tumbuh dengan sistem merambat. Tanaman bajakah dapat merambat sampai ketinggian 5 meter. Uniknya, tanaman ini susah untuk tumbuh dan dikembangbiakkan di tempat lain yang bukan habitat aslinya.

 

Tanaman bajakah sendiri terdiri dari beberapa jenis yang berbeda. Yang pertama yakni bajakah tampala, yang dipercaya kapabel menyembuhkan kanker. Batang yang mengandung senyawa flavonoid, saponin, tannin dan fenolik kapabel menyembuhkan luka secara pesat. Variasi yang kedua yakni tipe bajakah lamei. Bajakah lamei sendiri acap kali diminum langsung cairan dari akarnya karena bajakah jenis ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Lalu macam yang terakhir adalah bajakah kalalawit. Jenis bajakah ini mengandung antibacterial dan phenol. Kecuali itu kandungan katekinnya cukup tinggi sehingga bajakah ini dianggap kapabel mencegah sakit jantung, membantu dalam pembentukan kolagen serta dapat mengurangi berat badan.

 

Banyak yang membuka usaha jual akar bajakah sebab bajakah sendiri memiliki banyak manfaat. Macamnya seperti untuk kesehatan dan juga untuk keperluan yang lainnya. Karena permintaan akar bajakah sendiri mulai meningkat, selain juga karena dimanfaatkan oleh warga sekitarnya, pohon bajakah sendiri kian lama jumlahnya semakin sedikit. Hal ini sebab memang pohon bajakah sendiri cuma dapat ditanam di habitat aslinya, ialah di hutan lebat di daerah Kalimantan Tengah. Hal yang dikhawatirkan adalah munculnya eksploitasi hutan secara besar-besaran. Saat hutan telah mulai dibuka dan pohon bajakah mulai ditebang dan diambil batang dan akarnya, yang ditakutkan adalah kian berkurangnya jumlah pohon bajakah. Sehingga tak heran seandainya berikutnya pohon bajakah ini semakin dilindungi oleh pemerintah.

 

Itulah beberapa fakta yang menarik dari tanaman unik yang satu ini. Banyaknya manfaat serta keunikan dari tanaman khas Indonesia inilah yang membikin banyak yang tertarik untuk mencoba tanaman ini. Sekiranya memang Anda berminat untuk mencobanya, jangan cemas. Sebab ketika ini telah banyak yang jual akar bajakah sehingga Anda tidak perlu repot dalam mencari tanaman ini.